Saturday, June 18, 2011

Perangkat Dasar Komputer

    Hampir setiap hari kita berada di depan komputer, mengetik, menggambar, bermain game dan lain-lain. tapi pernahkah kita tau peralatan apa saja yang membentuk komputer sehingga bisa sehebat itu. berikut penulis coba menjelaskan sedikit apa saja sih peralatan yang membentuk sebuah komputer

Monitor-LCD


    Monitor merupakan salah satu jenis output device yang sangat populer dalam sistem komputer. Secara fisik, monitor mempunyai bentuk seperti halnya layar televisi dan fungsinya untuk menampilkan data dan informasi yang berguna bagi para pemakai komputer. Disamping itu, monitor juga berfungsi untuk melihat apakah data ataupun program yang akan dimasukkan kedalam komputer sudah dalam keadaan benar atau belum.
    Pada umumnya, monitor yang pada saat ini menggunakan tabung sinar katoda atau cathode ray tube (CRT). Dengan teknik scan-nya (raster scan technique) bisa dihasilkan gambar pada layar monitor. Sinar elektron yang dihasilkan akan bergerak secara cepat dan lurus serta bolak balik dari atas kebawah melintasi bagian belakang monitor yang dilapisi pospor. Pospor ini akan bersinar apabila ditembus sinar elektrone tersebut hidup atau mati, sehingga gambar-gambar dapat dibentuk pada layar monitor. 

CPU
    Unit pemrosesan pusat (CPU) adalah bagian dari sebuah sistem komputer yang melakukan instruksi dari program komputer, dan merupakan unsur utama melaksanakan fungsi komputer atau perangkat pengolahan lainnya. Unit pengolahan pusat melaksanakan setiap instruksi program dalam urutan, untuk melakukan operasi aritmatika, logika, dan input / output dasar dari sistem. Istilah ini telah digunakan dalam industri komputer setidaknya sejak awal 1960-an. [1] Bentuk, desain dan implementasi CPU telah berubah secara dramatis sejak awal contoh, tetapi operasi dasar mereka tetap sama.

    CPU awal dirancang khusus sebagai bagian dari, lebih besar kadang-kadang satu-of-a-kind komputer,. Namun, metode ini mahal merancang CPU kustom untuk aplikasi tertentu umumnya telah memberikan cara untuk pengembangan produksi massal prosesor yang dibuat untuk satu atau banyak tujuan. Kecenderungan standarisasi umumnya dimulai di era mainframe transistor diskrit dan minicomputer dan telah dengan cepat dipercepat dengan mempopulerkan sirkuit terpadu (IC). IC telah memungkinkan CPU semakin kompleks harus dirancang dan diproduksi untuk toleransi pada urutan nanometer. Baik miniaturisasi dan standardisasi CPU telah meningkatkan kehadiran perangkat digital dalam kehidupan modern jauh melampaui penerapan terbatas mesin komputasi khusus. Mikroprosesor modern muncul dalam segala hal dari mobil ke ponsel dan mainan anak-anak.


Keyboard

   Keyboard adalah alat untuk menuliskan perintah melalui aksara dan angka ke dalam layar monitor yang sebelumnya perintah tersebut diolah secara elektronis oleh Central Processing Unit (CPU). Bentuk keyboard secara umum sama dengan tombol pada mesin ketik, perbedaannya adalah jumlah tombol keyboard untuk aksara, angka dan perintah lainnya lebih banyak dari pada yang terdapat pada mesin ketik. Data atau perintah dapat dimasukkan ke dalam komputer melalui keyboard. Jadi keyboard merupakan penghubung antara manusia dan komputer.

Mouse  

 

    Mouse, atau “Tetikus” dalam istilah baku Bahasa Indonesia-nya, merupakan salah satu perangkat keras (hardware) dalam sebuah komputer, yang berfungsi sebagai alat input utama selain keyboard. Mouse dikategorikan sebagai sebuah Pointing Device (alat penunjuk/pemilih). Gerakan kursor di layar monitor mewakili pergerakan dari piranti mouse itu sendiri. Dengan mengarahkan kursor mouse pada icon/GUI (Graphic User Interface) tertentu, kemudian mengeksekusi perintah dengan cara meng-kliknya, seorang pengguna dapat menjalankan perintah tertentu pada program komputernya.

No comments:

Post a Comment